Kamis, 28 Oktober 2010

Menghubungkan Perangkat, Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Komputer merupakan peralatan yang berhubungan dengan listrik, terdiri dari hardware yang berupa rangkaian elektronik, dan mempunyai perangkat lunak di dalamnya. Memasang, meghidupkan, dan mematikan komputer mempunyai prosedur yang hendaknya dipatuhi untuk menghindari kecelakaan dan rusaknya perangkat computer.

Komputer terdiri dari perangkat-perangkat yang terpisah, seperti chassis, monitor, keyboard, mouse, printer, speaker, stabilizer, dan perangkat lainnya. Chassis berisi parangkat-perangkat keras, seperti harddisk, memori, prosesor, VGA card, sound card, LAN card, dan motherboard. Perangkat-perangkat yang terpisah dari chasis dihubungkan ke chassis dengan menggunakan kabel-kabel.

Berikut adalah cara untuk menghubungkan perangkat-perangkat komputer dengan cara yang benar dan aman.

Hubungkan kabel mouse dan keyboard ke colokan yang sesuai di chassis. Mouse dan keyboard keluaran ke colokan yang sesuai di chassis. Mouse dan keyboard keluaran terbaru mempunyai kepala yang berbentuk sama, namun dengan warna kepala kabel yang berbeda. Masukkan kepala kabel ke lubang colokan dengan warna yang sama. Jika kabel mouse dan keyboard menggunakan kabel USB, masukkanlah kepala kabel tersebut ke port USB yang tersedia pada chassis.
- Pasang kabel monitor. Kabel monitor terdiri dari dua buah, kabel untuk daya dan kabel untuk data.
- Hubungkan perangkat lainnya (printer, speaker, LAN) bila ada.
- Hubungkan kabel power pada chassis dengan stabilizer.
- Hubungkan kabel stabilizer dengan sumber listrik.
- Komputer siap untuk dihidupkan.

Sebelum menghidupkan komputer, kabel-kabel yang ada diatur terlebih dahulu agar kelihatan lebih rapi untuk menghindari terjadinya arus pendek. Bila semua perangkat komputer sudah dihubungkan,k sudah siap dihidupkan.

Bila sudah selesai bekerja di komputer, komputer harus dimatikan dengan cara yang benar dan aman. Mematikan kompuetr dengancara menekan tombol power di chassis secara langsung atau dengan cara memutus hubungan daya listrik merupakan cara mematikan komputer yang salah. Cara ini dapat menyebabkan rusaknya program yang ada di dalam komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar